Manfaatnya Sehat

Waspada Perut Kembung, Bisa Jadi Gejala Kanker Usus !

4 Aug 2017 - 15:27 WIB

Perut kembung merupakan salah satu gejala kanker usus yang sering terabaikan, padahal penyakit in tidak patut untuk disepelekan karena tergolong penyakit berat yang mematikan.


Kanker usus dapat terjadi akibat adanya peradangan pada usus yang sudah berlangsung cukup lama.

Penelitian tersebut dilakukan dengan 240.000 responden pria Swedia selama rentang waktu 35 tahun. Hasilnya diterbitkan di jurnal Gut dan memperlihatkan remaja yang berkelebihan berat badan akan dua kali lebih berisiko menderita kanker usus. Angka ini bahkan lebih tinggi di kalangan remaja yang mengalami obesitas.

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor pemicu terjadinya kanker usus, walaupun belum ada yang dapat memastikan apa yang sebenarnya menjadi penyebab kanker usus besar.

Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja gejala kanker usus yang tidak boleh di abaikan, diantaranya :

Perut Kembung
Tanda kanker usus bukan hanya perut yang kemudian terasa nyeri dan sakit, tapi perut pun dapat terasa kembung. Penyebab dari rasa kembung tersebut adalah dari sel-sel kanker yang tengah berada di dalam tubuh dan mencoba menginvasi tubuh kita.

Gangguan BAB
BAB yang tak teratur pun menjadi tanda akan adanya kanker di dalam usus kita.

BAB berdarah.
Selain adanya darah yang turut keluar, tekstur tinja pun berbeda dari yang biasanya, yaitu lebih tipis dan panjang, maka perlu diperhatikan betul-betul saat kita buang air besar supaya dapat lebih memastikan kondisi yang sebenarnya.

Nyeri Perut
Nyeri perut bagian bawah terkadang untuk para wanita yang akan datang bulan atau selama mestruasi pasti akan timbul, namun perlu diselidiki lebih lanjut apabila perut terasa nyeri tanpa adanya alasan yang jelas.

Saluran anus menyempit
Kalau sudah merasa tak nyaman di bagian anus dan diketahui ada penyumbatan di sana, itu sebuah tanda bahwa kanker usus telah berada pada stadium lanjut.

Jika memang anda mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya jangan ragu untuk segera diperiksa agar penyakit kanker usus dapat segera diketahui sejak dini.

Artikel pilihan lainnya :


TAGS   kanker usus / penyakit kanker / perut kembung / gejala kanker usus /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive