Manfaatnya Sehat

Kandungan Dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Diabetes

11 Apr 2017 - 14:25 WIB

Penanganan penyakit diabetes memang memerlukan perhatian khusus, karena tergolong penyakit kronis yang mematikan apabila sudah parah. Kekurangan aktivitas fisik menjadi salah satu faktor terbesar untuk seseorang terkena penyakit berbahaya seperti diabetes.

Diabetes terbagi dalam dua bagian, yang pertama adalah yang berhubungan dengan keturunan / bawaaan dan yang kedua terjadi setelah dewasa akibat pola hidup yang tidak sehat.

Diabetes dapat menimbulkan komplikasi berat, sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan daun sambiloto yang memiliki  kandungan bermanfaat untuk mengatasi diabetes secara alami.

Khasiat sambiloto untuk diabetes

Sambiloto adalah jenis tanaman yang termasuk ke dalam tumbuhan liar, banyak dijumpai disekitar kebun, pinggir sungai dan daerah pekarangan yang memiliki suhu lembab. Sambiloto dapat mudah dikenali dengan mempunyai tangkai pendek dan memiliki tinggi sekitar 1 meter, buahnya berbentuk tajam seperti corong. Mesikipun dikenal dengan tumbuhan liar, sambiloto telah diteliti memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati beragam penyakit, salah satunya sangat efektif untuk diabetes.
Sehingga jika anda mempunyai penyakit diabetes, dapat memanfaatkan tanaman yang satu ini. Menurut fakultas farmasi UGM dan dari ITB. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan percobaan tikus jantan dan kelinci, rebusan daun sambiloto ini terbukti dapat megurangi kandungan gula dalam darah tikus dan kelinci tersebut.

Artikel terkait :

Obat diabetes melitus
Obat diabetes kering
Gejala diabetes melitus

Kadar gula normal yang ada pada orang yang sedang tidak berpuasa adalah 200 mg/dl, sedangkan pada orang yang berpuasa kandungan gulanya kurang dari 120-140 mg/dl. Jika kadar gula darah melebihi ukuran tersebut, maka harus segera dinormalkan kembali agar tidak menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

Untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, dapat menggunakan air rebusan sambiloto yang dikonsumsi secara rutin.

Peminat obat-obatan herbal yang memanfaatkan tanaman, di indonesia masih cukup tinggi. Sehingga tidak sedikit orang-orang gemar mencari tanaman yang memiliki manfaat penting. Salah satu yang perlu di pertimbangkan adalah mengenai khasiat sambiloto.

Baca juga lainnya :


TAGS   daun sambiloto / penyakit diabetes / pengobatan alternatif /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive